Headlines News :
make a gif image
Home » » APLIKASI KHUSUS UNTUK ANAK TUNARUNGU

APLIKASI KHUSUS UNTUK ANAK TUNARUNGU

Written By SLB ABCD DIAN PUTRA BANGSA on Senin, 21 Januari 2013 | 13.25

Penerapan software i-chat  di SLB ABCD Dian Putra Bangsa
Demangan Sambi Boyolali
Perkembangan teknologi diharapkan dapat dinikmati oleh seluruh umat manusia. Tak terkecuali bagi para penyandang Tuna Rungu. PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) menjawab tantangan tersebut dengan menyediakan teknologi untuk Tuna Rungu.

Telkom meluncurkan sebuah aplikasi dan portal yang akan membantu masyarakat, khususnya para guru Sekolah Luar Biasa (SLB) Tunarungu dan orang tua, dalam proses pembelajaran bahasa bagi anak berkebutuhan khusus dalam hal pendengaran di Indonesia. 

Aplikasi dan portal i-CHAT (I Can Hear And Talk) Telkom, ditujukan bagi tersedianya media bagi komunitas Tunarungu di Indonesia untuk berinteraksi, saling berbagi ilmu dan pengetahuan, dan metode pembelajaran bahasa, sehingga mereka yang berkebutuhan khusus dalam hal pendengaran ini mampu berkomunikasi, bersosialisasi, tumbuh dan berkembang sebagaimana layaknya orang normal.

Aplikasi tersebut dibuat dalam dua mode yaitu mode offline, dimana user harus melakukan instalasi program pada komputernya dan mode online di mana user dapat menjalankan aplikasi dengan mengakses situs i-CHAT. Program i-CHAT saat ini terbagi dalam 5 modul utama yaitu modul kamus, modul isyarat abjad jari, modul isyarat bilangan, modul tematik, dan modul menyusun kalimat. (Modul 1-4 bersumber dari buku 'Cara Mudah Belajar SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia)' yang diterbitkan oleh FNKTRI.

"Gagasan menciptakan teknologi yang ditujukan untuk kalangan berkebutuhan khusus tersebut didasarkan pada pemikiran bahwa Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mampu memberikan manfaat besar bagi seluruh umat manusia, baik mereka yang normal maupun berkebutuhan khusus," Menurut Senior General Manager RDC Telkom, Mustapa Wangsaatmaja dalam keterangannya, Jumat (16/4/2010).

Menyusul peluncurannya, Telkom melakukan pelatihan singkat tentang aplikasi i-CHAT kepada 50 puluh guru dari berbagai SLB yang ada di Bandung dan Jawa Barat yang penyelenggaraannya dilakukan bersamaan dengan pelatihan reguler Bagimu Guru Kupersembahkan. 

"Tahun 2010 ini, Telkom RDC juga terus bekerjasama dengan Federasi Nasional untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (FNKTRI) melakukan pengembangan lebih lanjut dalam bentuk sebuah aplikasi dan portal yang diberi nama i-CHAT (I Can Hear and Talk)," jelas kata Vice Presiden Marketing Communication Telkom, Eddy Kurnia.

Untuk softwarenya dapat diunduh secara gratis di http://energialternatif.ekon.go.id/

Sumber : http://www.internetteknologi.com/2010/04/i-chat-aplikasi-khusus-tuna-rungu.html
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

picasion
make gifs
 
Support : Creating Website | Rydhanatra
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. SLB ABCD DIAN PUTRA BANGSA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Rydhanatra